CARA MEMBUAT ROBOT LINE FOLLOWER SEDERHANA PDF

Circuit Diagram & Kode Arduino Sebagai Berikut (Devre Şeması pernah Kod Aşağıdadır) – Sangat Sederhana Arduino Tutorial – Cara Membuat Arduino Line. Bagaimana Cara LFR Mengikuti Garis? Pada robot line tracer ini, driver sangat penting untuk membuat roda agar dapat berputar dalam arah.

Author: JoJoran Mijas
Country: Rwanda
Language: English (Spanish)
Genre: Music
Published (Last): 2 December 2011
Pages: 152
PDF File Size: 5.13 Mb
ePub File Size: 9.12 Mb
ISBN: 725-9-86997-195-7
Downloads: 27103
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Faesar

Sudah saya jelaskan di bab sebelumnya, pada jalur tertentu motor akan mati dan menyala. Sensor garis A Kiri mengendalikan motor kanan, sedangkan sensor garis B kanan mengendalikan motor kiri. Bahan yang digunakan cukup mudah didapat di toko bangunan dekat rumah kita.

Soalnya kita juga hanya menggunakan 4 buah sensor. Murah koQ, satu pasangnya 3 ribu rupiah. Line Follower Robot Project Documents.

Kemudian, setelah kita mengetahui sensor apa yang akan kita pakai, coba buat dulu rangkaian seperti di bawah ini untuk setiap 1 pasang sensor: Cara kerjanya cukup sederhana, hanya berdasarkan pembagi tegangan. Jadi, robotnya bisa berbelok dengan kuat. Garis yang dimaksud adalah garis berwarna hitam diatas permukaan berwarna putih. Kalau rangkaian sensor pembaca sudah jadi, bisa dibandingkan dengan punya saya yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Cara kerjanya ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Sensor garis Apa itu sensor garis? Kombinasi keduanya menghasilkan kelompok konvensional mobile dan non-mobile contohnya mobile manipulator, walking robot,dll dan non-konvensional humanoid, animaloid, extraordinary. Kita sebagai manusia tahu arah kita berjalan karena kita memiliki mata.

  MAHO 700C PDF

Ada juga garis yang tak terlihat yang digunakan sebagai lintasan robot, misalnya medan magnet.

Line Follower Robot

Semuanya terangkai menjadi satu yang disebut sebagai rangkaianminimumsystemATMega8. N ah, untuk 4 pasang sensor.

Ilustrasinya seperti gambar di bawah ini. Pada dasarnya, jika tegangan Vin lebih besar dari Vref, maka Vo akan mengeluarkan logika 1 yang berarti 5 Volt atau seferhana dengan Vcc.

Pada dasarnya dilihat dari struktur dan fungsi fisiknya pendekatan visual robot terdiri dari dua bagian, yaitu non-mobile robot dan mobile robot.

Setel ah kita tahu ilustrasi sensor, tinjau kembali rangkaian sensornya, bisa kita analogikan seperti: Driver Motor Driver motor yang kita bangun menggunakan konfigurasi jembatan H H-Bridge ,yang akanmengendalikan motor ke dua arah, searah jarumjam dan berlawanan arah jarumjam. NAND gate terkait dengan logika 0 dan 1 serta merupakan gate yang paling simple dan bisa merepresentasikan semua jenis gate yang ada.

Secara konsep rangkaian ini terdiri dari 4 saklar yang tersusun sedemikian rupasehingga memungkinkan motor dapat teraliri arus dengan arah yang berkebalikan. Kemudian, tinjau bagian komparator yang di sebelah kanan. Ke mudian, lihat ilustrasi di bawah ini ketika robot akan berbelok ke arah kiri. Penjelasan di paragraf berikutnya aja yaa.

  BALDWIN WYPLOSZ EKONOMIE EVROPSK INTEGRACE PDF

Robotic Tutorials

Yaah, sama seperti robot. Apa itu Line Follower Robot? Kalau kita sudah tahu, perbedaan cahaya yang diterima folloser receiver akan menyebabkan hambatan yang berbeda-beda di dalam receiver photo dioda tersebut.

Arduino line follower robot Engineering. Sebenarnya, kalau pembaca googling, banyak sekali tutorial membuat robot line follower di internet, tapi hampir semuanya ribet dan menggunakan mikrokontroler yang belum dimengerti oleh bocah smp dan sma yang banyak comment di postingan saya sebelumnya.

PPT – ROBOT LINE FOLLOWER SEDERHANA PowerPoint Presentation – ID

Dengan kata sederjana, sesuatu yang berbentuk analog harus dikonversi dulu ke dalam bentuk digital deretan biner pada dunia elektronika. Setelah digabung dengan sensor, ilustrasi rangkaian menjadi seperti ini. Knapa kita hanya gunakan 1 buah IC ini? Robot dapat diartikan sebagai sebuah mesin yang dapat bekerja secara terus menerus baik secara otomatis maupun terkendali.

Saya tidak akan menjelaskan satu secara detail, di sini kita gunakan photo dioda sebagai sensor robot. Begitu sebaliknya ketika sensor B mendeteksi garis, motor kiri aktif dan motor kanan mati, maka robot akan berbelok ke kanan.